Wednesday, September 2, 2020

Tujuan Pengantar Studi Islam

 

Kuliah 2

Pengantar Studi Islam

STIU AMT

 

1.        Tujuan Studi Islam

            Setiap usaha semestinya mengandung tujuan, dan setiap orang terlibat dalam suatu usaha haruslah mengarahkan segala upayanya untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Studi Islam merupakan sebuah usaha untuk mempelajari Islam secara mendalam dan segala seluk-beluk yang berhubungan dengan agama Islam[1]. Studi Islam ini mempunyai tujuan yang jelas, yang sekaligus menunjukkan arah studi Islam tersebut[2]. Dengan arah dan tujuan yang jelas itu, dengan sendirinya, studi Islam merupakan usaha sadar dan tersusun secara sistematis. Tujuan studi Islam tersebut dapat di rumuskan sebagai berikut:   

Pertama, untuk mempelajari secara mendalam tentang apa yang sebenarnya(hakikat) agama Islam itu, dan bagaimana posisi serta hubungannya dengan agama-agama lain dalam kehidupan budaya manusia[3]. Sesuai dengan asumsi yang telah diturunkan oleh Allah bahwa Islam diturunkan untuk membimbing dan mengarahkan serta menyempurnakan pertumbuhan dan perkembangan agama-agama dan budaya umat dimuka bumi. Dan apabila di suatu saat terjadi pertentangan antara ajaran Islam dengan akal pikiran maka dapat dipastikan terjadi suatu penyelewengan atau penyimpangan dalam perkembangannya.  Dengan menggali kembali hakikat ajaran Islam, maka akan dapat digunakan sebagai analisis penyelewengan atau penyimpangan akal pikiran dan budaya manusiawi serta ajaran agama Islam sekaligus.

            Kedua, untuk mempelajari secara mendalam pokok-pokok isi ajaran agama Islam yang asli, dan bagaimana penjabaran dan operasionalisasinya dalam pertumbuhan dan perkembangan budaya dan peradaban Islam sepanjang sejarahnya[4]. Hal ini berasumsi bahwa agama Islam adalah agama fitrah sehingga pokok-pokok isi ajaran agama Islam tentunya sesuai dan cocok dengan fitrah manusia. Fitrah adalah potensi dasar, pembawaan yang ada, dan tercipta dalam proses penciptaan manusia.

            Ketiga, untuk mempelajari secara mendalam sumber dasar ajaran agama islam yang tetap abadi dan dinamis, dan bagaimana aktualisasinya sepanjang sejarahnya[5]. Ini berasumsi bahwa ajaran agama Islam sebagai agama samawi terakhir membawa ajaran-ajaran yang bersifat final, dan mampu memecahkan masalah-masalah kehidupan manusia, menjawab tantangan, dan tuntutannya sepanjang zaman.

            Keempat, untuk mempelajari secara mendalam prinsip-prinsip dan nilai-nilai dasar ajaran agama islam, dan bagaimana realisasinya dalam membimbing dan mengarahkan serta mengontrol perkembangan budaya dan peradaban manusia pada zaman modern ini[6]. Asumsinya adalah bahwa islam yang meyakini mempunyai misi sebagai rahmah li al-‘alamin tentu mempunyai nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar yang bersifat unuversal, dan mempunyai daya dan kemampuan untuk membimbing, mengarahkan, mengontrol, dan mengendalikan faktor-faktor potensial dari pertumbuhan dan perkembangan sistem budaya dan peradaban modern.

 

            Rahmad M. Pd. I dalam bukunya Pengantar Studi Islam Interdisipliner menjabarkan bahwa tujuan memepelajari Islam memiliki dua tujuan utama yaitu

a.       Memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam agar mereka dapat melakasanakan dan mengamalkannya secara benar, serta menjadikannya sebagai pedoman dan pegangan hidup

b.      Untuk menjadikan ajaran Islam sebagai wacana ilmiah secara transparan yang dapat diterima oleh berbagai kalangan sehingga konsep dan praktek ajaran Islam dijadikan dasar ilmu pengetahun[7].

 

 

Referensi

Hidayati, Fitri Choiri. “Pengantar Studi Islam: Tujuan Studi Islam.” Pengantar Studi Islam (blog), 23 April 2013. http://fitrichoirihidayati.blogspot.com/2013/04/tujuan-studi-islam.html.

“METODOLOGI STUDY ISLAM - final.pdf.” Diakses 3 September 2020. http://repository.uinsu.ac.id/8643/1/METODOLOGI%20STUDY%20ISLAM%20-%20final.pdf.

Rahmad. Pengantar Studi Islam Interdisipliner. Yogyakarta: Bening Pustaka, 2018.

Umroatin, Yuli. PENGANTAR STUDI ISLAM. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2020.

 



[1] Yuli Umroatin, PENGANTAR STUDI ISLAM (Surabaya: Jakad Media Publishing, 2020).

[2] “METODOLOGI STUDY ISLAM - final.pdf,” diakses 3 September 2020, http://repository.uinsu.ac.id/8643/1/METODOLOGI%20STUDY%20ISLAM%20-%20final.pdf.

[3] Fitri Choiri Hidayati, “Pengantar Studi Islam: Tujuan Studi Islam,” Pengantar Studi Islam (blog), 23 April 2013, http://fitrichoirihidayati.blogspot.com/2013/04/tujuan-studi-islam.html.

[4] Hidayati.

[5] Hidayati.

[6] Hidayati.

[7] Rahmad, Pengantar Studi Islam Interdisipliner (Yogyakarta: Bening Pustaka, 2018).

No comments:

Post a Comment