Tuesday, October 12, 2021

KULIAH 5 MANAJEMEN PERPUSTAKAAN

 

Kuliah 5 Manajemen Perpustakaan

 Manajemen Koleksi Perpustakaan

1.       Pengertian Manajemen Koleksi Perpustakaan

Koleksi perpustakaan adalah sejumlah bahan atau sumber-sumber
informasi, baik berupa buku ataupun bahan bukan buku, yang dikelola untuk kepentingan proses belajar dan mengajar di sekolah yang bersangkutan. Secara keseluruhan isinya mengandung bahan-bahan yang semuanya dapat menunjang program kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah, baik program yang bersifat kurikuler maupun yang ekstra kurikuler[1].

Koleksi perpustakaan adalah semua bahan perpustakaan yang dikumpulkan, diolah, dan disimpan untuk disajikan kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan pengguna akan informasi[2].

Manajemen Koleksi adalah pengorganisasian dan pembinaan yang mencakup prinsip-prinsip pengembangan koleksi, pemenuhan kebutuhan-kebutuhan para pengguna sebagai tujuan utama, mengusahakan cara alternatif pemerolehan dokumen dan informasi guna melengkapi koleksi yang telah ada[3].

2.        Jenis Koleksi Perpustakaan Sekolah

Koleksi perpustakaan terdiri dari 4 jenis yaitu media cetak,
media elektronik atau digital, media film dan media gabungan antara film, digital dan elektronik[4]. Media cetak misalnya buku, buku ajar atau buku teks, buku pegangan, buku kamus, buku ensiklopedia, buku almanak, buku direktori, buku biografi, majalah, surat kabar[5],

 

 

3.        Manajemen Pengelolaan Koleksi Perpustakaan

Manajemen pengembangan koleksi adalah rangkaian kegiatan sistematis yang setidaknya mencakup perencanaan, pengorganisasian, penyelenggaraan dan pengawasan. Berikut uraian penjelasan dari fungsi-fungsi tersebut :

a.    Perencanaan pengembangan koleksi adalah kegiatan menghubungkan informasi dan fakta untuk menentukan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan selama proses pengadaan atau pengembangan koleksi.

b.    Pengorganisasian dalam pengembangan koleksi meliputi kegiatan mengelompokkan dan menentukan berbagai kegiatan penting, serta pembagian tugas dan wewenang kepada staf perpustakaan untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut.

c.    Pelaksanaan dalam pengembangan koleksi merupakan proses
pengadaan bahan pustaka atau koleksi dalam rangka meningkatkan kuantitas koleksi. Pengadaan koleksi dilaksanakan berdasarkan hasil perencanaan, yangmana dalam prosesnya meliputi koordinasi dan pengarahan.

d.   Pengawasan dalam pengembangan koleksi adalah kegiatan menilai kesesuaian koleksi berdasarkan dokumen rencanan pengadaan koleksi dengan hasil atau koleksi yang diterima.

 

 

4.        Pengembangan koleksi perpustakaan

Pengembangan koleksi merupakan proses sistematik terhadap upaya perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pemustaka yang mencakup: Penyusunan kebijakan seleksi, Penilaian kebutuhan pemustaka, Analisis koleksi, Penyeleksian, Rencana berbagi sumber, evaluasi. Pengembangan koleksi adalah suatu istilah yang digunakan secara luas di dunia perpustakaan untuk menyatakan jenis bahan pustaka yang harus diadakan oleh perpustakaan[6]

 

Tujuan pengembangan koleksi menurut Subekti Madirani adalah:

a.    Menyediakan koleksi sesuai dengan kebutuhan komunitas perpustakaan.

b.    Menyediakan koleksi yang relevan dengan maksud dan tujuan lembaga induk organisasi perpustakaan.

c.    Menyediakan koleksi yang peka terhadap berbagai perubahan atau perkembangan lingkungan strategis komunitas perpustakaan.

d.   Menyediakan koleksi yang relatif lengkap dan beragam, baik dari segi disiplin ilmu pengetahuan maupun format bahan perpustakaan.

 

5.        Metode Pengadaan koleksi Perpustakaan

Metode pengadaan koleksi perpustakaan di antaranya ialah
melalui pembelian, hadiah, tukar menukar, pinjaman. Metode lain yang bisa digunakan ialah membeli kepada perpustakaan atau lembaga lain yang menjual koleksi hasil penyiangan, mengajukan permin
taan kepada situs online penyedia buku gratis, melakukan tukar menukar dengan koleksi yang telah dilakukan duplikat, serta meminjam koleksi dengan syarat yang mudah[7].

 

Referensi

Afrizal, Afrizal. “MENGENAL KOLEKSI PERPUSTAKAAN.” Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan 3, no. 2 (September 7, 2019): 111–18.

Fuady, Najmi. “Metode pengadaan koleksi di perpustakaan.” Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan 2, no. 2 (November 30, 2020): 1–10. https://doi.org/10.24952/ktb.v2i2.2470.

Prytherch, Ray. Harrod's Librarians' Glossary and Reference Book. Accessed October 12, 2021. https://www.academia.edu/39300019/HARRODS_LIBRARIANS_GLOSSARY_AND_REFERENCE_BOOK.

Sukwana, Iman. “PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN | Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Banten,” January 27, 2021. https://dpk.bantenprov.go.id/Layanan/topic/327.

Soejono, Trimo 1998. Pembinaan KoleksiPerustakaan danPengetahuanLiteratur. Medan: Pembinaan Perpustakaan Sumatera Utara

 



[1] Pawit M. Yusuf dan Yaya Suhendar. Pedoman penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. (Jakarta: Kencana, 2005)

[2]Soejono, Trimo 1998. Pembinaan KoleksiPerustakaan danPengetahuanLiteratur. Medan: Pembinaan Perpustakaan Sumatera Utara

[3] Ray Prytherch, Harrod's Librarians' Glossary and Reference Book, accessed October 12, 2021, https://www.academia.edu/39300019/HARRODS_LIBRARIANS_GLOSSARY_AND_REFERENCE_BOOK.

[4] Afrizal Afrizal, “MENGENAL KOLEKSI PERPUSTAKAAN,” Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan 3, no. 2 (September 7, 2019): 111–18.

[5] Afrizal.

[6] Iman Sukwana, “PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN | Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Banten,” January 27, 2021, https://dpk.bantenprov.go.id/Layanan/topic/327.

[7] Najmi Fuady, “Metode pengadaan koleksi di perpustakaan,” Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan 2, no. 2 (November 30, 2020): 1–10, https://doi.org/10.24952/ktb.v2i2.2470.

No comments:

Post a Comment