RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
Mata Kuliah |
: |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN |
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Kode |
: |
………………………….. |
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Sks |
: |
2 SKS |
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Program Studi/Smt |
: |
Manajemen Pendidikan Islam |
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Dosen Pengampu |
: |
Fauzan, M. Ed
|
|
|
||||||||||||||
|
|
|
||||||||||||||||
Capaian Mata Kuliah : M1: Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar Administrasi Pendidikan M2: Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman, keterampilan serta wawasan yang luas tentang konsep, prinsip dan teori administrasi pendidikan sebagai suatu sudut pandang yang dapat digunakan dalam melakukan analisis, penerapan pendidikan terhadap berbagai temuan baik secara konsep maupun kegiatan praktis di lapangan, sehingga secara komprehensif memiliki cara berpikir kreatif dalam mengamati berbagai fenomena yang ditemuinya dalam bidang adminstrasi pendidikan.
Capaian Pembelajaran Prodi a. S1: Bertakwa kepada Allah Swt dan mampu menunjukkan sikap religius S2: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila S3: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri b. KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur KU3: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi; c. P : Memiliki kemampuan dalam berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
|
|
|||||||||||||||||
Capaian Pembelajaran Pengetahuan Khusus Program Studi a. CK: Mahasiswa mampu dalam penguasaan pengetahuan terkait dengan pengelolaan pembelajaran yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif yang dicerminkan dengan kemampuan memahami landasan pendidikan, perkembangan peserta didik, pengembangan kurikulum, landasan pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, penilaian pembelajaran, penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunasi dalam pembelajaran, kemampuan stimulasi peserta didik dalam pengembangan potensi diri dan mengaktualisasikannya secara tepat.
|
|
|||||||||||||||||
Minggu ke- |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Bahan Kajian |
Bentuk Pembelajaran |
Waktu |
Pengalaman Belajar Mahasiswa |
Kriteria dan Indikator Penilaian |
Bobot Nilai |
|||||||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
|||||||||||
1 |
Mahasiswa Mematuhi Kontrak Perkulihaan yang telah Disepakati |
o Mahasiswa Mengetahui Proses yang Akan dilalui dalam Perkuliahan o Mahasiswa Mematuhi Kontrak yang Telah Disepakati |
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 x 50 menit |
Pembelajaran Tatap Muka, Membuat kesepakatan kontrak perkuliahan, mengajukan Pertanyaan |
Kontrak perkuliahan: Kesepakatan kontrak kehadiran, kedisiplinan, tugas, model perkuliahan, referensi perkuliahan, toleransi dan penggunaan pendekatan transdisiplin dalam pembelajaran |
5% |
|||||||||||
2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar admnistrasi |
o Pengertian administrasi o Prinsip-prinsip administrasi pendidikan o Tujuan administrasi pendidikan o Ruang lingkup administrasi pendidikan o Fungsi administrasi pendidikan
|
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 X 50 Menit |
Mhs mengerjakan tugas Makalah, mempresentasi, Membuat dan mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya |
20% |
|||||||||||
3 |
Mahasiswa mampu administrasi personel sekolah |
o Pengertian administrasi personel sekolah o Tujuan dan ruang lingkup personel sekolah o Manajemen personalia sekolah o Tugas-tugas personel sekolah
|
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 x 50 menit |
Pembelajaran Tatap Muka, Membuat kesepakatan kontrak perkuliahan, mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya |
10% |
|||||||||||
4 |
Mahasiswa mampu menjelaskan administrasi kesiswaan |
o Pengertian administrasi kesiswaan o Penerimaan siswa baru o Pengelolaan data siswa o Pembinaan kedisiplinan siswa o Pengelolaan OSIS |
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 X 50 Menit |
Mhs mengerjakan tugas Makalah, mempresentasi, Membuat dan mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya |
20% |
|||||||||||
5 |
Mahasiswa menjelaskan administrasi kurikulum dalam pendidikan |
o Pengertian administrasi kurukulum o Fungsi administrasi kurikulum o Kegiatan administasi kurikulum o Pengelolaan kurikulum o Organisasi kurikulum o Isi kurikulum o Pembuatan RPP |
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 X 50 Menit |
Mhs mengerjakan tugas Makalah, mempresentasi, Membuat dan mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya |
10%
|
|||||||||||
6 |
Mahasiswa mamapu menjelaskan adminstrasi Tata Usaha sekolah |
o Pengertian dan ruang ligkup tata usaha o Organisasi surat-menyurat o Pembuatan surat o Pengelolaan surat o Pengarsipan surat o Kegiatan tata usaha sekolah
|
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 X 50 Menit |
Mhs mengerjakan tugas Makalah, mempresentasi, Membuat dan mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya |
10% |
|||||||||||
7 |
MID SEMESTER |
|
||||||||||||||||
8 |
Mahasiswa mampu menjelaskan administrasi sarana prasarana sekolah |
o Pengertian sarana prasarana dalam pendidikan o Ruang lingkup administrasi sarana prasarana o Perencanaan sarana prasarana o Pengadaan sarana prasarana o Penataan sarana prasarana o Penghapusan sarana prasarana o Pertanggung jawaban sarana prasarana |
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 X 50 Menit |
Mhs mengerjakan tugas Makalah, mempresentasi, Membuat dan mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya |
20% |
|||||||||||
9 |
Mahasiswa mampu menjelaskan administrasi keuangan sekolah |
o Pengertian administrasi keuangan sekolah o Sumber-sumber keuangan sekolah o Prinsip-prinsip keuangan sekolah o Pengelolaan keuangan sekolah o Pembukuan keuangan sekolah o Pengawasan keuangan sekolah o Pertanggungjawaban keuangan sekolah |
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 X 50 Menit |
Mhs mengerjakan tugas Makalah, mempresentasi, Membuat dan mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya |
20% |
|||||||||||
10 |
Mahasiswa mamapu menjelaskan administrasi hubungan masyarakat |
o Pengertian dan tujuan hubungan sekolah dengan masyarakat o Bentuk-bentuk kegiatan hubungan masyarakat o Unsur-unsur terlibat dalam hubungan sekolah dengan masyarakat o Pihak-pihak yang terkait dalam hubungan sekolah dan masyarakat o Partisipasi masyarakat dalam kegiatan pendidikan di sekolah o Teknik hubungan sekolah dengan masyarakat
|
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 X 50 Menit |
Mhs mengerjakan tugas Makalah, mempresentasi, Membuat dan mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya |
20% |
|||||||||||
11 |
Mahasiswa mampu menjelaskan supervisi pendidikan |
o Pengertian supervisi pendidikan o Tuuan dan sasaran supervisi pendidikan o Ruang lingkup supervisi pendidikan o Prinsip-prinsip supervisi pendidikan o Pendekatan supervisi pendidikan o Teknik-teknik supervisi pendidikan
|
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 X 50 Menit |
Mhs mengerjakan tugas Makalah, mempresentasi, Membuat dan mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya |
20% |
|||||||||||
12 |
Mahasiswa mampu menjelaskan bimbingan dan konselling sekolah |
o Pengertian bimbingan dan konselling o Tujuan dan fungsi bimbingan konselling o Langkah-langkah dalam bimbingan dan konselling o Teknik bimbingan konselling o Program-program bimbingan dan konselling sekolah
|
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 X 50 Menit |
Mhs mengerjakan tugas Makalah, mempresentasi, Membuat dan mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya |
20% |
|||||||||||
13 |
Mahasiswa mampu menjelaskan peran kepala sekolah
|
o Peran kepala sekolah sebagai pemimpin o Peran kepala sekolah sebagai administrator o Peran kepala sekolah sebagai supervisor |
Ceramah, Diskusi, Tanya-Jawab, brainstorming |
2 X 50 Menit |
Mhs mengerjakan tugas Makalah, mempresentasi, Membuat dan mengajukan Pertanyaan |
Makalah: Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan Presentasi: Penguasaan materi, Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alat peraga dalam presentasi Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya. |
20% |
|||||||||||
14 |
Ujian Akhir Semester Genap TA 2021/2022 |
|
||||||||||||||||
Daftar Referensi:
v UU NO. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas
v PP NO. 19 Tahun 2005 Tentang SNP
v PP NO.17 Th.2010, Pengelolaan & Peny.Pendidikan
v Fauzan, 2016, Pengantar Sistem Administrasi Pendidikan, Yogyakarta-UU press
v Engkoswara, 1987. Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
v Engkoswara, 2012 Administrasi Pendidikan.Bandung:Alfabeta
v Mulyono, 2002. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Yogyakarta:Ar-Ruz Media
v Sagala Syaiful, 2012. Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
v Sagala Syaiful. 2000. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta
v Sondang P siagian, 1992. Organisasi Kepemimpinan & Prilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung
v Suhardan Dadang, 20010, Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta
v Syafaruddin, dkk, 2016, Administrasi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing
v Uhar Suharsaputra, 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama
No comments:
Post a Comment