Tuesday, November 9, 2021

KULIAH 7 MANAJEMEN PERPUSTAKAAN

 

Kuliah 7

Manajemen Perpustakaan

 Manajemen Layanan Perpustakaan

1.        Pengertian Manajemen Layanan Perpustakaan

Layanan perpustakaan adalah penyediaan bahan pustaka dan sumber informasi secara tepat serta menyediakan berbagai layanan dan bantuan kepada pengguna sesuai kebutuhan pengguna perpustakaan, menyajikan bahan pustaka dan sumber informasi sesuai dengan pengguna, artinya bahwa dalam layanan perpustakaan, perpustakaan perlu mencermati dan meminta masukan dari pengguna atas kebutuhan bahan pustaka atau informasi[1]

Layanan perpustakaan adalah pemenuhan kebutuhan dan keperluan
kepada pengguna jasa perpustakaan. tujuan layanan perpustakaan adalah melayani pengunjung dan pengguna perpustakaan[2].

2.        Sistem pelayanan perpustakaan

Pelayanan perpustakaan akan berjalan dengan baik jika sistem pelayanan yang digunakan tepat dan sesuai dengan kebutuhan perpustakaan[3].

Ada tiga macam sistem layanan yang biasa dilakukan oleh perpustakaan, yaitu sistem layanan terbuka, sistem layanan tertutup, dan sistem layanan campuran[4]

 

a.      Sistem Layanan Terbuka (open access)

Sistem layanan terbuka perpustakaan memberikan kebebasan kepada pengunjung untuk masuk dan memilih sendiri koleksi yang diinginkannya dari rak. Oleh karena itu, penataan ruang koleksi perlu diperhatikan. Misalnya, rambu-rambu yang menunjukkan lokasi koleksi harus lengkap dan jelas. Jarak antara rak satu dengan rak yang lain lebih lebar[5].

 Kelebihan

·       Pengguna bebas memilih koleksi ke rak

·       Kebebasan ini menimbulkan rangsangan untuk membaca karena biasanya pengguna akan menemukan bahan pustaka yang menarik yang sebelumnya tidak dicari.

·       Pengguna dapat mengganti koleksi yang isinya mirip, jika bahan pustaka yang dicarinya tidak ada

·       Pemakai dapat membandingkan isi koleksi dengan judul yang dicarinya

·       Pengguna tidak harus menggunakan katalog

·       Koleksi lebih didayagunakan

·       Menghemat tenaga petugas perpustakaan

Kekurangan

·       Pengguna cenderung mengembalikan koleksi seenaknya sehingga susunan buku di rak menjadi kacau

·       Kemunginan kehilangan koleksi sangat besar

·       Tidak semua pemakai paham dalam mencari koleksi di rak

·       Koleksi lebih cepat rusak

·       Perlu pembenahan terus menerus

 

b.      Layanan Tertutup (close access)

Layanan tertutup berarti pengguna tidak boleh langsung mengambil koleksi bahan pustaka yang diinginkannya di rak, tetapi harus melalui petugas perpustakaan. Pengguna     dapat memilih koleksi bahan pustaka yang diinginkannya melalui katalog yang disediakan[6].

 Kelebihan

·       Koleksi lebih terjaga kerapian susunannya di rak karena hanya petugas perpustakaan yang mengambil

·       Kemungkinan koleksi hilang sangat kecil

·       Koleksi tidak cepat rusak

·       Pengawasan dapat dilakukan lebih longgar

·       Proses temu kembali informasi lebih efektif

Kelemahan

·       Pengguna kurang puas dalam mencari koleksi bahan pustaka yang diinginkannya

·       Koleksi yang didapat kadang-kadang tidak sesuai dengan kebutuhan pemakai

·       Tidak semua pemakai paham menggunakan katalog

·       Tidak semua koleksi dapat didayagunakan

·       Petugas lebih sibuk

 

c.       Layanan Campuran (mixed access)
Layanan campuran adalah gabungan layanan terbuka dan tertutup. Layanan campuran ini biasanya digunakan oleh Perpustakaan Perguruan Tinggi. Untuk koleksi skripsi, referensi, dan thesis dilayani secara tertutup melalui katalog. Sedangkan untuk koleksi yang bersifat umum menggunakan layanan terbuka[7].

 Kelebihan

·       Pengguna dapat langsung menggunakan koleksi referensi dan umum sekaligus

·       Tidak memerlukan ruang baca khusus koleksi referensi

Kelemahan

·       Petugas perpustakaan sulit mengontrol pengguna yang menggunakan koleksi referensi dan koleksi umum sekaligus

·       Perlu pengawasan yang lebih keta

 

3.        Jenis-jenis layanan perpustakaan

Ada beberapa jenis layanan perpustakaan yaitu layanan sirkulasi, layanan referensi, dan layanan ruang baca[8].

a.         Layanan sirkulasi

Layanan sirkulasi atau layanan peminjaman bahan perpustakaan adalah layanan kepada pemakai perpustakaan berupa peminjaman bahan perpustakaan  yang dimiliki perpustakaan. Layanan ini biasanya menggunakan sistem tertentu dengan aturan yang disesuaikan dengan kondisi perpustakaan

b.         Layanan referensi

Layanan referensi adalah layanan yang diberikan oleh perpustakaan untuk koleksi-koleksi khusus seperti kamus, ensiklopedi, almanak, direktori, buku tahunan, yang berisi informasi teknis dan singkat. Koleksi ini tidak boleh dibawa pulang oleh pengunjung perpustakaan dan hanya untuk dibaca di tempat

c.         Layanan ruang baca

Layanan ruang baca adalah layanan yang diberikan oleh perpustakaan berupa tempat untuk melakukan kegiatan membaca di perpustakaan. Layanan ini diberikan untuk mengantisipasi pengguna perpustakaan yang tidak ingin meminjam untuk dibawa pulang, akan tetapi mereka cukup memanfaatkannya di perpustakaan.

 

Referensi

Purwani Istiana, Layanan Perpustakaan, (Yogyakarta: Penerbit Obak, 2014)

Nur Hamiyah dan Muhammad Jauhar, Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah,
(Jakarta:Pretasi Pustaka,2015)

Desi Tamara Putri, “Sistem Pelayanan Perpustakaan Dan Jenis Layanan Perpustakaan ~ Desy Tamara,” 2017, https://desytamara.blogspot.com/2017/11/sistem-pelayanan-perpustakaan-dan-jenis.html.

“Layanan Perpustakaan - BLOG ILMU PERPUSTAKAAN,” accessed November 10, 2021, https://sites.google.com/site/perpustakaaniza/layanan-perpustakaan.

“Sistem Layanan Perpustakaan,” UPT. PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI (blog), 2018, https://perpustakaan.iainkendari.ac.id/2018/04/02/sistem-layanan-perpustakaan/.

Darmono, Perpustakaan Sekolah-Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja,  (Jakarta, PT Gramedia, 2007)

 


[1] Purwani Istiana, Layanan Perpustakaan, (Yogyakarta: Penerbit Obak, 2014)

[2] Nur Hamiyah dan Muhammad Jauhar, Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah,
(Jakarta:Pretasi Pustaka,2015)

[3] Desi Tamara Putri, “Sistem Pelayanan Perpustakaan Dan Jenis Layanan Perpustakaan ~ Desy Tamara,” 2017, https://desytamara.blogspot.com/2017/11/sistem-pelayanan-perpustakaan-dan-jenis.html.

[4] “Layanan Perpustakaan - BLOG ILMU PERPUSTAKAAN,” accessed November 10, 2021, https://sites.google.com/site/perpustakaaniza/layanan-perpustakaan.

[5] “Sistem Layanan Perpustakaan,” UPT. PERPUSTAKAAN IAIN KENDARI (blog), 2018, https://perpustakaan.iainkendari.ac.id/2018/04/02/sistem-layanan-perpustakaan/.

[6] “Sistem Layanan Perpustakaan.”

[7] “Sistem Layanan Perpustakaan.”

[8] Darmono, Perpustakaan Sekolah-Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja,  (Jakarta, PT Gramedia, 2007)

No comments:

Post a Comment