Tuesday, September 6, 2022

Kuliah 1 Dasar-Dasar Manajemen

Kuliah 1

Matakuliah                  : Dasar-Dasar Manajemen

Kode MK                    :

Smstr                           : 1

Dosen Pengampu        : Fauzan, M. Ed

PT                                : STAI DUBA

 

Pengertian Manajemen dan Pentingnya Manajemen

1.    Pengertian Manajemen

 

Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling, performed to determine and accomplish stated objectives by the use of human beings and other resources (George. R.Terry) [1]

Manajemen merupakan sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan dan pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.

 

Management is the process of directing and facilitating the work of people in formal group to achieve a desired end (John D. Millet).[2]

Manajemen adalah proses pembimbingan dan pemberian fasilitas terhadap
pekerjaan orang-orang yang terorganisir dalam kelompok formil untuk mencapai
suatu tujuan yang dikehendaki.

 

Management is the process of planning, organizing, leading, and controlling the
effort or organizing members and of using all other organizational resources to
achieve stated organizational goals (
Stoner dan Winkel).[3]

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan upaya pengendalian anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisi yang telah dicapai.

 

Dari pendapat para ahli di aas disimpulkan bahwa manajemen merupakan usaha yang dilakukan secara bersama-sama untuk menentukan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling).

 

Dalam perspektif lebih luas, manajemen adalah suatu proses pengaturan dan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki organisasi melalui kerjasama para anggota untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efesien.

 

2.    Prinsip-Prinsip Manajemen

Adapun prinsip-prinsip manajemen, menurut Winardi (1990) adalah (1) Pembagian kerja, (2) otoritas dan tanggung jawab, (3) disiplin (4) kesatuan perintah, (5) kesatuan arah, (6) dikalahkannya kepentingan individu terhadap kepentingan umum. (7) penghargaan/balas jasa, (8) sentralisasi, (9) rantai bertangga, (10) keteraturan, (11) keadilan (12) stabilitas pelaksanaan pekerjaan, (13) inisiatif (14) jiwa korps.[4]



[1] G. Tovmasyan, “The Role of Managers in Organizations: Psychological Aspects,” 2017, https://essuir.sumdu.edu.ua/handle/123456789/61535.

[2] Sukarna. Dasar Dasar Manajemen.Bandung: CV. Mandar Maju. 2011.

[3] Yoseph Santie and Paulus Tuerah, “Implementation of Government Management Functions in Warembungan Village; Pineleng Sub-District” (International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019), Atlantis Press, 2019), 715–17, https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.96.

[4] Winardi, 1990, Manajemen Personalia, Sumber Daya Manusia , Bandung:
Alumni.

No comments:

Post a Comment