Satuan Acara
Perkuliahan (SAP) Administrasi Pendidikan
Mata Kuliah : Administrasi Pendidikan
Semester : V
Jurusan : PAI
Dosen : Fauzan, M. Ed
A.Dekripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah : Administrasi Pendidikan
Semester : V
Jurusan : PAI
Dosen : Fauzan, M. Ed
A.Dekripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup
administrai mengalami perluasan sejalan dengan perkembangan zaman, dimana
sebelumnya administrasi dipahami sebagai tata kelola surat menyurat. Kini
administrasi mengalami perkembangan
pesat sehingga administrasi mempunyai cakupan yang luas juga. Mata
kuliah ini akan membahas tentang pemahaman administrasi pendidikan, langkah-langkah,
serta komponen administrasi.
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat memperaktekkan
nilai-nilai administrasi dilingkungan lembaga yang dikelolanya.
B.Pengalaman
Belajar
Proses
perkuliahan dikembangkan dalam bentuk komunikasi dua arah antara dosen
mahasiswa melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan presentasi. Guna menunjang
pemahaman terhadap materi perkuliahan, mahasiswa di minta untuk mencari
informasi terbaru, baik melalui buku teks, jurnal, artikel, maupun internet.
C. Evaluasi Hasil Belajar
C. Evaluasi Hasil Belajar
Komponen
evaluasi perkuliahan meliputi: nilai ujian tengah semester, ujian akhir
semester, partisipasi kegiatan kelas, presensi, serta pembuatan dan penyajian
makalah.
D. Penilaian Hasil Perkuliahan
Penilaianhasilperkuliahan di
dasarkanpadahasilkerja mahasiswa yang meliputi:
1.
UTS 25 %
2.
KO 25 %
3.
UAS 50 %
E. Pokok
Bahasan
Pertemuan
|
Materi
|
Keterangan
|
1
|
Pengantar perkuliahan
|
|
2
|
Definisi administrasi pendidikan
|
|
3
|
Memahami fungsi administrasipendidikan
|
|
4
|
Memahami Administrasi Personel Sekolah
|
|
5
|
Memahami Administrasi Kesiswaan
|
|
6
|
Memahami
Administrasi Kurikulum
|
|
7
|
UTS
|
|
8
|
Memahami peran dan fungsi TU sekolah
|
|
9
|
Memahami Administrasi Sarana Prasarana
|
|
10
|
Memahami Administrasi Hubungan Masyarakat
|
|
11
|
Memahami Superisi Pendidikan
|
|
12
|
Memahami Bimbingan dan Konseling
|
|
13
|
Memahami peran dan tanggung jawab kepala sekolah
|
|
14
|
UAS
|
|
F. Kelompok dan
Tugas
No
|
NIM
|
Nama
|
Kelompok
|
Materi
|
1
|
|
|
I
|
Memahami
fungsi perencanaan (Planning)
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
||
6
|
|
|
||
7
|
|
|
II
|
Memahami
fungsi pengorganisasian (Organizing)
|
8
|
|
|
||
9
|
|
|
||
10
|
|
|
||
11
|
|
|
||
12
|
|
|
||
13
|
|
|
III
|
Mengembangkan
pemahan fungsi penggerakan (Actuating)
|
14
|
|
|
||
15
|
|
|
||
16
|
|
|
||
17
|
|
|
||
18
|
|
|
||
19
|
|
|
IV
|
Memahami
fungsi dan teknik pengawasan (Controlling)
|
20
|
|
|
||
21
|
|
|
||
22
|
|
|
||
23
|
|
|
||
24
|
|
|
||
25
|
|
|
V
|
Mengenal
bidang-bidang kegiatan administrasi pendidikan
|
26
|
|
|
||
27
|
|
|
||
28
|
|
|
||
29
|
|
|
||
30
|
|
|
||
31
|
|
|
VI
|
Memahami
administrasi sekolah
|
32
|
|
|
||
33
|
|
|
||
34
|
|
|
||
35
|
|
|
||
36
|
|
|
||
37
|
|
|
VII
|
Memahami peran dan fungsi TU sekolah
|
38
|
|
|
||
39
|
|
|
||
40
|
|
|
||
41
|
|
|
||
42
|
|
|
VIII
|
Memahami
peran dan tanggung jawab kepala sekolah
|
43
|
|
|
||
44
|
|
|
||
45
|
|
|
||
46
|
|
|
||
47
|
|
|
XI
|
Memahami arti
dan gaya kepemimpinan
|
48
|
|
|
||
49
|
|
|
||
50
|
|
|
||
51
|
|
|
No comments:
Post a Comment