Friday, September 13, 2019

SAP Administrasi Pendidikan


Satuan Acara Perkuliahan (SAP) Administrasi Pendidikan

Mata Kuliah    : Administrasi Pendidikan
Semester          :
V
Jurusan            : PAI
Dosen              : Fauzan, M. Ed

A.Dekripsi Mata Kuliah
Ruang lingkup administrai mengalami perluasan sejalan dengan perkembangan zaman, dimana sebelumnya administrasi dipahami sebagai tata kelola surat menyurat. Kini administrasi mengalami perkembangan  pesat sehingga administrasi mempunyai cakupan yang luas juga. Mata kuliah ini akan membahas tentang pemahaman administrasi pendidikan, langkah-langkah, serta komponen administrasi.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat memperaktekkan nilai-nilai administrasi dilingkungan lembaga yang dikelolanya.

B.Pengalaman Belajar
Proses perkuliahan dikembangkan dalam bentuk komunikasi dua arah antara dosen mahasiswa melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan presentasi. Guna menunjang pemahaman terhadap materi perkuliahan, mahasiswa di minta untuk mencari informasi terbaru, baik melalui buku teks, jurnal, artikel, maupun internet.

C. Evaluasi Hasil Belajar
Komponen evaluasi perkuliahan meliputi: nilai ujian tengah semester, ujian akhir semester, partisipasi kegiatan kelas, presensi, serta pembuatan dan penyajian makalah.

D. Penilaian Hasil Perkuliahan
Penilaianhasilperkuliahan di dasarkanpadahasilkerja mahasiswa yang meliputi:
1.      UTS     25  %
2.      KO      25 %
3.      UAS  50 %

E. Pokok Bahasan
Pertemuan
Materi
Keterangan
1
Pengantar perkuliahan

2
Definisi administrasi pendidikan

3
Memahami fungsi administrasipendidikan

4
Memahami Administrasi Personel Sekolah

5
Memahami Administrasi Kesiswaan

6
Memahami Administrasi Kurikulum

7
UTS

8
Memahami  peran dan fungsi TU sekolah

9
Memahami Administrasi Sarana Prasarana

10
Memahami Administrasi Hubungan Masyarakat

11
Memahami Superisi Pendidikan

12
Memahami Bimbingan dan Konseling

13
Memahami peran dan tanggung jawab kepala sekolah

14
UAS









F. Kelompok dan Tugas
No
NIM
Nama
Kelompok
Materi
1


I

Memahami fungsi perencanaan (Planning)
2


3


4


5


6


7


II
Memahami fungsi pengorganisasian (Organizing)
8


9


10


11


12


13


III
Mengembangkan pemahan fungsi penggerakan (Actuating)
14


15


16


17


18


19


IV
Memahami fungsi dan teknik pengawasan (Controlling)
20


21


22


23


24


25


V
Mengenal bidang-bidang kegiatan administrasi pendidikan
26


27


28


29


30


31


VI
Memahami administrasi sekolah
32


33


34


35


36


37


VII

Memahami  peran dan fungsi TU sekolah
38


39


40


41


42



VIII

Memahami peran dan tanggung jawab kepala sekolah
43


44


45


46


47


XI
Memahami arti dan gaya kepemimpinan
48


49


50


51




No comments:

Post a Comment