Satuan Acara
Perkuliahan (SAP) Administrasi Pendidikan
Mata Kuliah : Manajemen Pendidikan Karakter
Semester : I
Jurusan : PAI
Dosen : Fauzan, M. Ed
A.Dekripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah : Manajemen Pendidikan Karakter
Semester : I
Jurusan : PAI
Dosen : Fauzan, M. Ed
A.Dekripsi Mata Kuliah
Pendidikan
karakter merupakan inti dari pendidikan Islam yang semula dikenal dengan
pendidikan akhlak. Sebenarnya pendidikan karakter sudah ada sejak Islam
didakwahkan oleh nabi Muhammad. Konsep akhlak yang menjadi basis pendidikan
karakter yang meliputi implementasi karakter di keluarga, sekolah dan di
masyarakat
Berbagai kasus
degradansi moral bangsa menjadi penyulut kian digalakkannya pendidikan karakter
di Indonesia. Terpuruknya bangsa Indonesia dewasa ini disebabkan oleh krisis
akhlak yang berakar dari kurangnya penanaman pendidikan karakter. Melalui
manajemen pendidikan karakter diharapkan terjadi pembentukan karakter melalui
penanaman akhlak baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat memperaktekkan penanaman
pendidikan karakter di lembaga yang dikelolanya.
B.Pengalaman
Belajar
Proses
perkuliahan dikembangkan dalam bentuk komunikasi dua arah antara dosen
mahasiswa melalui kegiatan ceramah, tanya jawab, dan presentasi. Guna menunjang
pemahaman terhadap materi perkuliahan, mahasiswa di minta untuk mencari
informasi terbaru, baik melalui buku teks, jurnal, artikel, maupun internet.
C. Evaluasi Hasil Belajar
C. Evaluasi Hasil Belajar
Komponen
evaluasi perkuliahan meliputi: nilai ujian tengah semester, ujian akhir
semester, partisipasi kegiatan kelas, presensi, serta pembuatan dan penyajian
makalah.
D. Penilaian Hasil Perkuliahan
Penilaianhasilperkuliahan di
dasarkanpadahasilkerja mahasiswa yang meliputi:
2.
KO 25 %
3.
UAS 50 %
E. Pokok
Bahasan
Pertemuan
|
Materi
|
Keterangan
|
1
|
Pengantar perkuliahan
|
|
2
|
Definisi pendidikan karakter
|
|
3
|
Ruang lingkup manajemen pendidikan karakter
|
|
4
|
Hakikat dan tujuan pendidikan karakter
|
|
5
|
Nilai-nilai dasar dalam pendidikan karakter
|
|
6
|
Pendekatan dalam pendidikan karakter
|
|
7
|
UTS
|
|
8
|
Pendidikan karakter dalam keluarga
|
|
9
|
Pendidikan karakter di sekolah
|
|
10
|
Pendidikan karakter di masyarakat
|
|
11
|
Pengintegrasian pendididikan karakter dalam pembelajaran
|
|
12
|
Nilai-nilaikarakter dan indikatornya
|
|
13
|
Strategi pendidikan karakter
|
|
14
|
UAS
|
|
F. Kelompok dan
Tugas
No
|
NIM
|
Nama
|
Kelompok
|
Materi
|
1
|
|
|
I
|
Nilai-nilai
dasar dalam pendidikan karakter
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
||
6
|
|
|
||
7
|
|
|
||
8
|
|
|
||
9
|
|
|
II
|
Pendekatan dalam pendidikan
karakter
|
10
|
|
|
||
11
|
|
|
||
12
|
|
|
||
13
|
|
|
||
14
|
|
|
||
15
|
|
|
||
16
|
|
|
||
17
|
|
|
III
|
Pendidikan karakter dalam keluarga
|
18
|
|
|
||
19
|
|
|
||
20
|
|
|
||
21
|
|
|
||
22
|
|
|
||
23
|
|
|
||
24
|
|
|
||
25
|
|
|
IV
|
Pendidikan karakter di sekolah
|
26
|
|
|
||
27
|
|
|
||
28
|
|
|
||
29
|
|
|
||
30
|
|
|
||
31
|
|
|
||
32
|
|
|
||
33
|
|
|
V
|
Pendidikan karakter di masyarakat
|
34
|
|
|
||
35
|
|
|
||
36
|
|
|
||
37
|
|
|
||
38
|
|
|
||
39
|
|
|
||
40
|
|
|
||
41
|
|
|
VI
|
Pengintegrasian pendididikan
karakter dalam pembelajaran
|
42
|
|
|
||
43
|
|
|
||
44
|
|
|
||
45
|
|
|
||
46
|
|
|
||
47
|
|
|
||
48
|
|
|
||
49
|
|
|
VII
|
Nilai-nilaikarakter dan
indikatornya
|
50
|
|
|
||
51
|
|
|
||
52
|
|
|
||
53
|
|
|
||
54
|
|
|
||
55
|
|
|
||
56
|
|
|
||
57
|
|
|
VIII
|
Strategi pendidikan karakter
|
58
|
|
|
||
59
|
|
|
||
60
|
|
|
||
61
|
|
|
||
62
|
|
|
||
63
|
|
|
No comments:
Post a Comment