Tuesday, February 18, 2020

Kuliah 4 Administrasi dan Supervisi Pendidikan


Kuliah 4
Administrasi Pendidikan

Kuliah 4
Administrasi dan Supervisi Pendidikan

Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan

Administrasi pendidikan secara umum memiliki ruang lingkup yang lebih luas dari administrasi sekolah. Karena administrasi pendidikan menyangkut administrasi pendidikan secara umum baik pendidikan formal, nonformal, pendidikan kemasyarakatan, kursus, dan lainnya. Namun ditinjau dari segi ke ilmuan, banyak ahli yang memberikan pengertian administrasi sekolah identik dengan pengertian administrasi pendidikan .
Bidang-bidang yang tercakup dalam administrasi pendidikan juga sangat banyak dan luas. Secara umum ruang lingkup administrasi pendidikan meliputi:
1.    Administrasi kurikulum yang mencakup penyusunan kurikulum, pembiayaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, evaluasi terhadap kurikulum, dan sebagainya.
2.    Administrasi personel sekolah yang mencakup administrasi guru, administrasi siswa, dan administrasi pegawai dan tata usaha sekolah..
3.    Administrasi kesiswaan yang mencakup pengelolaan penerimaan siswa baru, pengelolaan kelas, pengelolaan OSIS, pengelolaan data siswa, dan sebagainya.
4.    Administrasi tata laksana sekolah (Ketatausahaan) yang meliputi administrasi anggaran belanja sekolah, administrasi keuangan, administrasi surat menyurat dan kearsipan, pengisian data-data sekolah, dan lainnya.
5.    Administrasi sarana prasarana yang mencakup penataan sarana dan prasarana sekolah seperti ruang belajar, ruang tata usaha, ruang kepala sekolah, ruang guru, dan lainnya.
6.    Administrasi keuangan yang mencakup rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS), pembukuan kas sekolah, dan sebagainya.
7.    Administrasi pengawasan (supervisi) yang mencakup penilaian dan pembinaan guru staf sekolah, dan siswa, pengembangan metode mengajar, dan sebagainya.
8.    Administrasi hubungan dengan masyarakat yang mencakup hubungan sekolah dengan sekolah lain, hubungan sekolah dengan masyarakat, hubungan sekolah dengan pemerintah, organisasi dengan organisasi di sekitarnya, dan sebagainya.


No comments:

Post a Comment