Kuliah 4
Manajemen Sarana Prasarana
Jenis dan macam Sarana Pendidikan
1.
Landasan Hukum
Landasar hukum pengadaan sarana
prasarana pendidikan yaitu PP No. 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan,
salah satu pasalnya yaiatu pasal 42 yang mengatur tentang standar sarana
prasaraa.
Pasal 42
Ayat (1) : “Setiap satuan pendidikan wajib memiliki
sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan
sumber-sumber lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang
diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
Ayat (2) : “Setiap satuan pendidikan wajib memiliki
prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan,
ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang
bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa,
tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan
ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang
teratur dan berkelanjutan
2. Jenis Sarana
dan Prasarna Sekolah
Menurut keputusan menteri P dan K No 079/ 1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 (tiga) kelompok besar yaitu:
a.
Bangunan dan perabot sekolah.
b.
Alat pelajaran yang terdiri dari
pembukuan, alat-alat peraga dan laboratorium.
c.
Media pendidikan yang dapat di
kelompokkan menjadi audiovisual yang
menggunakan alat penampil dan media
yang tidak menggunaakan alat penampil.
Sarana
pendidikan dapat diklasifikasikan menjadi tiga macam yaitu:
a.
Berdasarkan habis tidaknya (habis pakai dan
tahan lama)
b.
Berdasarkan bergerak tidaknya (Bergerak dan
tidak bergerak)
c.
Berdasarkan hubungannya dengan proses
pembelajaran (Alat pelajaran, alat peraga,
dan media pembelajaran
3.
Macam-macam Sarana Prasarana Sekolah
Adapun macam-macam
sarana dan prasarana
yang di perlukan di sekolah demi
kelancaran dan keberhasilan kegiatan proses pendidikan sekolah adalah:
a.
Ruang kelas yaitu tempat siswa dan
guru melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.
b.
Ruang perpustakaan yaitu tempat
koleksi berbagai jenis bacaan bagi siswa
dandari sinilah siswa dapat menambah pengetahuan.
c.
Ruang laboratorium (tempat praktek)
tempat siswa mengembangkan pengetahuan sikap dan keterampilan serta
tempat meneliti dengan menggunakan media yang ada untuk memecahkan suatu masalah atau konsep
pengetahuan .
d.
Ruang keterampilan
adalah tempat siswa melaksanakan latihan mengenai keterampilan tertentu.
e.
Ruang kesenian adalah tempat
berlangsungnya kegiatan-kegiatan seni
f.
Fasilitas olah
raga tempat berlangsungnya
latihan-latihan olah-raga.
No comments:
Post a Comment