Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Mata
Kuliah : Administrasi dan Supervisi
Pendidikan
Semester
: VI
Jurusan
:
Dosen : Fauzan, M. Ed
A. Dekripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji konsep administrasi dan supervisi
pendidikan dan implementasi supervisi pada satuan pendidikan. Dalam mata kuliah
ini mengkaji supervisi sebagai salah satu unsur pengembang sumber daya
Pendidika,kompetensi supervisor, efektivitas pelaksanaan supervisi, supervisi dan penelitian
dansupervision for successful schools.
B. Standar Kompetensi
Pada
akhir pembelajaran, mahasiswa diharapkan mengusai standar kompetensi secara
konseptual tentang Supervisi dan Administrasi Pendidikan yang diimplementasikan
dalam mengelola pendidikan pada setiap satuan dan jenjang pendidikan
C.
Urgensi Matakuliah :
Setelah selesai
mengikuti pembelajaran matakuliah “Supervisi dan Administrasi Pendidikan”,
mahasiswa mampu memahami, menguasai, menganalisis, mengambangkan, dan
mengimplementasikan dalam mengelola pendidikan dan praktik pengelolaan
pendidikan, yang terkait dengan Supervisi pendidikan, dan penyelenggaraan
administrasi pendidikan persekolahan.
D.
Evaluasi Hasil Belajar
Komponen evaluasi perkuliahan meliputi:
nilai ujian tengah semester, ujian akhir semester, partisipasi kegiatan kelas,
presensi, serta pembuatan dan penyajian makalah.
E.
Penilaian Hasil Perkuliahan
Penilaian
hasil perkuliahan di dasarkan pada hasil kerja mahasiswa yang meliputi:
1.
KO 25 %
2.
UTS
25 %
3.
UAS 50
%
E. Pokok Bahasan
Pertemuan
|
Materi
|
Keterangan
|
1
|
Pengantar Perkuliahan/ Pengertian Administrasi
Pendidikan
|
|
2
|
Konsep
administrasi pendidikan
|
|
3
|
Memahami
fungsi administrasi pendidikan
|
|
4
|
Ruang
lingkup administrasi dasar
|
|
5
|
Memahami peran dan fungsi personel sekolah
|
|
6
|
Peran
guru dalam administrasi pendidikan
|
|
7
|
UTS
|
|
8
|
Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Peran
Supervisi Pendidikan
|
|
9
|
Prinsip, Teknik-teknik dan Metode-metode
Supervisi pendidikan
|
|
10
|
Model dan pendekatan supervisi
|
|
11
|
Pelaksanaan Supervisi Pendidikan
|
|
12
|
Pelaku- pelaku dan proses
supervisi, supervisi pendidikan di sekolah
|
|
13
|
Supervisi sebagai Alat Pembinaan dan
Pengembangan Guru
|
|
14
|
UAS
|
|
F.
Refrensi
1.
A.Simon
Herbert. 1998. Administrative Behavior. Perilaku Administrasi Suatu Studi
tentang Pengambilan Keputusan dalam Organisasi Administrasi. Terjemah St.
Dianjung. Jakarta. Bumi Aksara.
2. Arikunto,
Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi, Buku Pegangan Kuliah. Jakarta: PT.
Rineka Cipta
3. Burhanuddin. 2007. Supervisi Pendidikan
dan Pengajaran. Malang: Rosindo Malang.
4. Burhanuddin, Yusak.
1998. Administrasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
5. Fauzan, 2016, Pengantar
Sistem Administrasi Pendidikan-Teori dan Praktik, Yogyakarta: UII Press
6. Sahertian, P.A dan Mataheru. 1982. Prinsip
dan Tehnik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
7. Tim dosen jurusan administrasi pendidikan.
1998. Administrasi Pendidikan. Malang: IKIP Malang.
F.
Kelompok dan Tugas
No
|
NIM
|
Nama
|
Kelompok
|
Materi
|
1
|
|
|
I
|
Memahami fungsi administrasi pendidikan
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
||
6
|
|
|
II
|
Ruang lingkup administrasi dasar
|
7
|
|
|
||
8
|
|
|
||
9
|
|
|
||
10
|
|
|
||
11
|
|
|
III
|
Memahami
peran dan fungsi personel sekolah
|
12
|
|
|
||
13
|
|
|
||
14
|
|
|
||
15
|
|
|
||
16
|
|
|
IV
|
Peran guru dalam administrasi pendidikan
|
17
|
|
|
||
18
|
|
|
||
19
|
|
|
||
20
|
|
|
||
21
|
|
|
V
|
Pengertian,
Tujuan, Fungsi, dan Peran Supervisi Pendidikan
|
22
|
|
|
||
23
|
|
|
||
24
|
|
|
||
25
|
|
|
||
26
|
|
|
VI
|
Prinsip,
Teknik-teknik dan Metode-metode Supervisi pendidikan
|
27
|
|
|
||
28
|
|
|
||
29
|
|
|
||
30
|
|
|
||
31
|
|
|
VII
|
Model, pendekatan
dan teknik-teknik supervisi
|
32
|
|
|
||
33
|
|
|
||
34
|
|
|
||
35
|
|
|
||
36
|
|
|
VIII
|
Pelaksanaan
Supervisi Pendidikan
|
37
|
|
|
||
38
|
|
|
||
39
|
|
|
||
40
|
|
|
||
41
|
|
|
IX
|
Pelaku- pelaku dan proses supervisi, supervisi pendidikan di sekolah
|
42
|
|
|
||
43
|
|
|
||
44
|
|
|
||
45
|
|
|
||
41
|
|
|
X
|
Supervisi
sebagai Alat Pembinaan dan Pengembangan Guru
|
42
|
|
|
||
43
|
|
|
||
44
|
|
|
||
45
|
|
|
G.
Pedoman Tugas Kelompok
1. Artikel
diketik dalam kertas A4 dengan font Times New Roman ukuran 12
2. Artikel
diketik dengan spasi 1.5 dengan bidang pengetikan 4 cm dari tepi kiri, 3 cm
dari tepi atas, kanan, dan bawah
3. Artikel
ditulis sekurang-kurangnya 10 halaman, termasuk daftar isi dan daftar rujukan
4. Daftar
rujukan sekurang-kurangnya 5 buku.
5. Artikel
yang tidak memenuhi standar penulisan, akan dikembalikan untuk direvisi
7. Kerangka
artikel terdiri dari:
a. Pendahuluan
1) Latar
belakang masalah
2) Pentingnya
substansi pembahasan
3) Manfaat
pembahasan substansi
b. Pembahasan
1) Sub
pembahasan……
2) Sub
pembahasan ……
3) Sub
pembahasan ……
c. Penutup
1) Kesimpulan
2) Saran
d. Daftar
Rujukan
No comments:
Post a Comment