Wednesday, February 5, 2020

RPS Administrasi dan Supervisi Pendidikan


Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Mata Kuliah    : Administrasi dan Supervisi Pendidikan
Semester         : VI
Jurusan            :
Dosen              : Fauzan, M. Ed

A. Dekripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji konsep administrasi dan supervisi pendidikan dan implementasi supervisi pada satuan pendidikan. Dalam mata kuliah ini mengkaji supervisi sebagai salah satu unsur pengembang sumber daya Pendidika,kompetensi supervisor, efektivitas pelaksanaan supervisi, supervisi dan penelitian dansupervision for successful schools.
B. Standar Kompetensi
Pada akhir pembelajaran, mahasiswa diharapkan mengusai standar kompetensi secara konseptual tentang Supervisi dan Administrasi Pendidikan yang diimplementasikan dalam mengelola pendidikan pada setiap satuan dan jenjang pendidikan
C. Urgensi Matakuliah :
Setelah selesai mengikuti pembelajaran matakuliah “Supervisi dan Administrasi Pendidikan”, mahasiswa mampu memahami, menguasai, menganalisis, mengambangkan, dan mengimplementasikan dalam mengelola pendidikan dan praktik pengelolaan pendidikan, yang terkait dengan Supervisi pendidikan, dan penyelenggaraan administrasi pendidikan persekolahan.
D. Evaluasi Hasil Belajar
Komponen evaluasi perkuliahan meliputi: nilai ujian tengah semester, ujian akhir semester, partisipasi kegiatan kelas, presensi, serta pembuatan dan penyajian makalah.
E. Penilaian Hasil Perkuliahan
Penilaian hasil perkuliahan di dasarkan pada hasil kerja mahasiswa yang meliputi:
1.      KO         25  %
2.      UTS        25  %
3.      UAS       50 %

E. Pokok Bahasan
Pertemuan
Materi
Keterangan
1
Pengantar Perkuliahan/ Pengertian Administrasi Pendidikan

2
Konsep administrasi pendidikan

3
Memahami fungsi administrasi pendidikan

4
Ruang lingkup administrasi dasar

5
Memahami  peran dan fungsi personel sekolah

6
Peran guru dalam administrasi pendidikan

7
UTS

8
Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Peran Supervisi Pendidikan

9
Prinsip, Teknik-teknik dan Metode-metode Supervisi pendidikan

10
Model dan  pendekatan supervisi

11
Pelaksanaan Supervisi Pendidikan

12
Pelaku- pelaku dan proses supervisi, supervisi pendidikan di sekolah

13
Supervisi sebagai Alat Pembinaan dan Pengembangan Guru

14
UAS







F. Refrensi
1.      A.Simon Herbert. 1998. Administrative Behavior. Perilaku Administrasi Suatu Studi tentang Pengambilan Keputusan dalam Organisasi Administrasi. Terjemah St. Dianjung. Jakarta. Bumi Aksara.
2.      Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi, Buku Pegangan Kuliah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
3.      Burhanuddin. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Malang: Rosindo Malang.
4.       Burhanuddin, Yusak. 1998. Administrasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
5.      Fauzan, 2016, Pengantar Sistem Administrasi Pendidikan-Teori dan Praktik, Yogyakarta: UII Press
6.      Sahertian, P.A dan Mataheru. 1982. Prinsip dan Tehnik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
7.      Tim dosen jurusan administrasi pendidikan. 1998. Administrasi Pendidikan. Malang: IKIP Malang.


F. Kelompok dan Tugas
No
NIM
Nama
Kelompok
Materi
1


I



Memahami fungsi administrasi pendidikan
2


3


4


5


6


II
Ruang lingkup administrasi dasar
7


8


9


10


11


III
Memahami  peran dan fungsi personel sekolah
12


13


14


15


16


IV


Peran guru dalam administrasi pendidikan
17


18


19


20


21


V
Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Peran Supervisi Pendidikan
22


23


24


25


26


VI
Prinsip, Teknik-teknik dan Metode-metode Supervisi pendidikan
27


28


29


30


31


VII

Model, pendekatan dan teknik-teknik supervisi
32


33


34


35


36



VIII

Pelaksanaan Supervisi Pendidikan
37


38


39


40


41



IX



Pelaku- pelaku dan proses supervisi, supervisi pendidikan di sekolah
42


43


44


45


41




X


Supervisi sebagai Alat Pembinaan dan Pengembangan Guru
42


43


44


45





G. Pedoman Tugas Kelompok
1.    Artikel diketik dalam kertas A4 dengan font Times New Roman ukuran 12
2.    Artikel diketik dengan spasi 1.5 dengan bidang pengetikan 4 cm dari tepi kiri, 3 cm dari tepi atas, kanan, dan bawah
3.    Artikel ditulis sekurang-kurangnya 10 halaman, termasuk daftar isi dan daftar rujukan
4.    Daftar rujukan sekurang-kurangnya 5 buku.
5.    Artikel yang tidak memenuhi standar penulisan, akan dikembalikan untuk direvisi
6.    Artikel dikirim via emal; masfauzan@gmail.com, maksimal 1 hari sebelum perkuliahan.
7.    Kerangka artikel terdiri dari:
a.       Pendahuluan
1)      Latar belakang masalah
2)      Pentingnya substansi pembahasan
3)      Manfaat pembahasan substansi
b.      Pembahasan
1)      Sub pembahasan……
2)      Sub pembahasan ……
3)      Sub pembahasan ……
c.       Penutup
1)      Kesimpulan
2)      Saran
d.      Daftar Rujukan







No comments:

Post a Comment