Rencana
Pembelajaran Semester (RPS)
Mata
Kuliah : Manajemen Sarana Prasarana
Semester
: VI
Jurusan
: MPI
Dosen : Fauzan, M. Ed
A. Dekripsi Mata Kuliah
Mata
kuliah Manajemen Sarana dan Prasarana memberikan keterampilan dan pengetahuan
tentang pengelolaan sarana dan prasarana yang digunakan oleh lembaga
pendidikan. Pemahaman teori dan konsep manajemen sarana prasarana diharapkan
menjadi bekal bagi mahasiswa agar menjadi dasar ketika bekerja di dunia
pendidikan.
mata
kuliah ini mempelajari konsep manajemen sarana dan prasarana, Konsep Dasar
Perencanaan Sarpras, Konsep Dasar Pengadaan Sarpras, Konsep dasar Inventarisasi
Sarpras, Konsep dasar Pengaturan dan Penggunaan Sarpras, Konsep Dasar
Pemeliharaan Sarpras, Konsep dasar Penghapuasan/Pemusnahan.
B. Standar Kompetensi
Pada akhir pembelajaran, mahasiswa diharapkan mengusai
standar kompetensi secara konseptual tentang pengelolaan sarana prasarana yang
diimplementasikan dalam mengelola pendidikan pada setiap satuan dan jenjang
pendidikan
C.
Urgensi Matakuliah :
Setelah selesai
mengikuti pembelajaran matakuliah Manajemen sarana prasarana, mahasiswa diharapkan
mampu memahami, menguasai, menganalisis, mengambangkan, dan mengimplementasikan
dalam mengelola pendidikan dan praktik pengelolaan pendidikan, yang terkait
dengan sarana dan prasarana.
D.
Evaluasi Hasil Belajar
Komponen evaluasi perkuliahan meliputi:
nilai ujian tengah semester, ujian akhir semester, partisipasi kegiatan kelas, presensi,
serta pembuatan dan penyajian makalah.
E.
Penilaian Hasil Perkuliahan
Penilaian
hasil perkuliahan di dasarkan pada hasil kerja mahasiswa yang meliputi:
1.
KO 25 %
2.
UTS
25 %
3.
UAS 50
%
E. Pokok Bahasan
Pertemuan
|
Materi
|
Keterangan
|
1
|
Pengantar Perkuliahan/ Pengertian manajemen
sarana prasarana
|
|
2
|
Ruang
lingkup sarana prasarana
|
|
3
|
Tujuan
dan prinsip sarana prasarana
|
|
4
|
Macam-macam
dan jenis sarana prasarana
|
|
5
|
Perencanaan
sarana prasarana
|
|
6
|
Pengadaan
saran prasarana
|
|
7
|
UTS
|
|
8
|
Penyaluran
sarana prasarana
|
|
9
|
Penyimpanan dan inventarisasi sarana
prasarana
|
|
10
|
Pengaturan dan penggunaan sarana prasarana
|
|
11
|
Pemeliharaan sarana prasarana
|
|
12
|
Penghapusan saran prasarana
|
|
13
|
Analisis sarana prasarana
|
|
14
|
UAS
|
|
F.
Refrensi
1. Barmawi
dan M.Arifin, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Ar-Ruzz Media,
Yogyakarta, 2012
2. Ibrahim
Bafadal, Manajemen Perlengkapan Sekolah (Teori dan Aplikasinya), Bumi Aksara,
Jakarta, 2014
3. Matin,
Nurhattati Fuad, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Konsep dan
Aplikasinya, Raja Grafindo, Jakarta, 2016
4. Suharsimi
Arikunto, Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Graha Cendekia, Yogyakarta, 2015
5. Malayu
Sp. Hasibuan, Manajemen Dasar, Pengertian dan masalah, Bumi aksara, Jakarta,
2004
6. Moch.
Idochi Anwar, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Alfabeta,
Bandung, 2003
F.
Kelompok dan Tugas
No
|
NIM
|
Nama
|
Kelompok
|
Materi
|
1
|
|
|
I
|
Tujuan dan prinsip sarana prasarana
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
||
6
|
|
|
II
|
Macam-macam dan jenis sarana prasarana
|
7
|
|
|
||
8
|
|
|
||
9
|
|
|
||
10
|
|
|
||
11
|
|
|
III
|
Perencanaan sarana prasarana
|
12
|
|
|
||
13
|
|
|
||
14
|
|
|
||
15
|
|
|
||
16
|
|
|
IV
|
Pengadaan saran prasarana
|
17
|
|
|
||
18
|
|
|
||
19
|
|
|
||
20
|
|
|
||
21
|
|
|
V
|
Penyaluran sarana prasarana
|
22
|
|
|
||
23
|
|
|
||
24
|
|
|
||
25
|
|
|
||
26
|
|
|
VI
|
Penyimpanan
dan inventarisasi sarana prasarana
|
27
|
|
|
||
28
|
|
|
||
29
|
|
|
||
30
|
|
|
||
31
|
|
|
VII
|
Pengaturan dan
penggunaan sarana prasarana
|
32
|
|
|
||
33
|
|
|
||
34
|
|
|
||
35
|
|
|
||
36
|
|
|
VIII
|
Pemeliharaan
sarana prasarana
|
37
|
|
|
||
38
|
|
|
||
39
|
|
|
||
40
|
|
|
||
41
|
|
|
IX
|
Penghapusan saran prasarana
|
42
|
|
|
||
43
|
|
|
||
44
|
|
|
||
45
|
|
|
G.
Pedoman Tugas Kelompok
1. Artikel
diketik dalam kertas A4 dengan font Times New Roman ukuran 12
2. Artikel
diketik dengan spasi 1.5 dengan bidang pengetikan 4 cm dari tepi kiri, 3 cm
dari tepi atas, kanan, dan bawah
3. Artikel
ditulis sekurang-kurangnya 10 halaman, termasuk daftar isi dan daftar rujukan
4. Daftar
rujukan sekurang-kurangnya 5 buku.
5. Artikel
yang tidak memenuhi standar penulisan, akan dikembalikan untuk direvisi
7. Kerangka
artikel terdiri dari:
a. Pendahuluan
1) Latar
belakang masalah
2) Pentingnya
substansi pembahasan
3) Manfaat
pembahasan substansi
b. Pembahasan
1) Sub
pembahasan……
2) Sub
pembahasan ……
3) Sub
pembahasan ……
c. Penutup
1) Kesimpulan
2) Saran
d. Daftar
Rujukan
No comments:
Post a Comment