Rencana
Pembelajaran Semester (RPS)
Mata
Kuliah : Akhlak Tasawuf
Semester
: II/IV
Jurusan
:
Dosen : Fauzan, M. Ed
A. Dekripsi Mata Kuliah
Matakuliah
akhlak tasawuf ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa tentang materi
akhlak tasawuf agar mereka dapat menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan
sehari-hari, menemukan model bertasawuf dalam dunia modern dan membina
lingkungannya untuk berakhlak mulia.
B. Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu
memahami, menghayati, dan mengamalkan akhlak tasawuf dalam kehidupan
sehari-hari sebagai proses menjadi sarjana muslim yang berakhlak mulia.
C.Urgensi Matakuliah :
Menjadikan mahasiswa memiliki
kemampuan bersikap, berfikir dan bernalar dengan menempatkan ajaran tasawuf
landasan utamanya di tengah dinamika kehidupan modern yang kian
kompetitif.
D. Evaluasi Hasil Belajar
Komponen evaluasi perkuliahan meliputi:
nilai ujian tengah semester, ujian akhir semester, partisipasi kegiatan kelas,
presensi, serta pembuatan dan penyajian makalah.
E.
Penilaian Hasil Perkuliahan
Penilaian
hasil perkuliahan di dasarkan pada hasil kerja mahasiswa yang meliputi:
1.
UTS 30 %
2.
UAS
30 %
3.
Proses 20 %
4.
Presensi 20 %
E. Pokok Bahasan
Pertemuan
|
Materi
|
Keterangan
|
1
|
Pengantar Perkuliahan/ Pengertian
Akhlak Tasawuf
|
|
2
|
Ruang lingkup akhlak tasawuf
|
|
3
|
Tujuan dan Manfaat Akhlak Tasawuf
|
|
4
|
Memahami akhlak mahmudah dan madzmumah
|
|
5
|
Hubungan
Tasawuf dengan Ilmu Kalam, Filsafat, dan Fiqih
|
|
6
|
Meneladani Tokoh Tasawuf
|
|
7
|
UTS
|
|
8
|
Pengenalan
Tasawuf Akhlaqi, Irfani dan Falsafi
|
|
9
|
Tahapan dalam tasawuf (Syariat, Tarikat, Hakikat, dan
Ma’rifat)
|
|
10
|
Fase Tasawuf ( Takhalli, Tahalli, dan Tajalli)
|
|
11
|
Akhlak dalam bingkai ibadah
|
|
12
|
Urgensi
akhlak tasawuf di zaman modern
|
|
13
|
Mengenal
tasawuf di indonesia
|
|
14
|
UAS
|
|
F.
Refrensi
1. Abuddin
Nata, Akhlak Tasawuf, Raja Grafindo Perdada, Jakarta, 2000
2. Hamka,
Tasauf Modern, Pustaka Panjimas, Jakarta, 2001
3. H.
M.Jamil, MA, Akhlak Tasawuf, Referensi, Ciputat, 2013
4. Mustafa
Zahri, Kunci Memahami Tasawuf, PT Bina Ilmu, Jakarta, 1998
F. Kelompok
dan Tugas
No
|
NIM
|
Nama
|
Kelompok
|
Materi
|
1
|
|
|
I
|
Memahami akhlak
mahmudah dan madzmumah
|
2
|
|
|
||
3
|
|
|
||
4
|
|
|
||
5
|
|
|
||
6
|
|
|
II
|
Hubungan Tasawuf dengan Ilmu Kalam,
Filsafat, dan Fiqih
|
7
|
|
|
||
8
|
|
|
||
9
|
|
|
||
10
|
|
|
||
11
|
|
|
III
|
Pengenalan Tasawuf Akhlaqi, Irfani dan
Falsafi
|
12
|
|
|
||
13
|
|
|
||
14
|
|
|
||
15
|
|
|
||
16
|
|
|
IV
|
Tahapan dalam
tasawuf (Syariat, Tarikat, Hakikat, dan Ma’rifat)
|
17
|
|
|
||
18
|
|
|
||
19
|
|
|
||
20
|
|
|
||
21
|
|
|
V
|
Fase Tasawuf
(Takhalli, Tahalli, dan Tajalli)
|
22
|
|
|
||
23
|
|
|
||
24
|
|
|
||
25
|
|
|
||
26
|
|
|
VI
|
Akhlak dalam
bingkai ibadah
|
27
|
|
|
||
28
|
|
|
||
29
|
|
|
||
30
|
|
|
||
31
|
|
|
VII
|
Urgensi akhlak tasawuf di zaman modern
|
32
|
|
|
||
33
|
|
|
||
34
|
|
|
||
35
|
|
|
||
36
|
|
|
VIII
|
Mengenal tasawuf di Indonesia
|
37
|
|
|
||
38
|
|
|
||
39
|
|
|
||
40
|
|
|
G.
Pedoman Tugas Kelompok
1. Artikel
diketik dalam kertas A4 dengan font Times New Roman ukuran 12
2. Artikel
diketik dengan spasi 1.5 dengan bidang pengetikan 4 cm dari tepi kiri, 3 cm
dari tepi atas, kanan, dan bawah
3. Artikel
ditulis sekurang-kurangnya 10 halaman, termasuk daftar isi dan daftar rujukan
4. Daftar
rujukan sekurang-kurangnya 5 buku.
5. Artikel
yang tidak memenuhi standar penulisan, akan dikembalikan untuk direvisi
7. Kerangka
artikel terdiri dari:
a. Pendahuluan
1) Latar
belakang masalah
2) Pentingnya
substansi pembahasan
3) Manfaat
pembahasan substansi
b. Pembahasan
1) Sub
pembahasan……
2) Sub
pembahasan ……
3) Sub
pembahasan ……
c. Penutup
1) Kesimpulan
2) Saran
d. Daftar
Rujukan
No comments:
Post a Comment